Lowongan Guru Les Privat SMP SMA
Lowongan Guru Les Privat SMP SMA Jogja
June 20, 2019

Les Jarimatika (Jari Matematika) Jogja Privat

Les privat jarimatika Jogja

Les Jarimatika (Jari Matematika) Jogja Privat merupakan kursus jarimatika dengan sistem les privat guru datang ke rumah siswa untuk pelajaran matematika atau berhitung. Bagi Anda yang belum mengenal jarimatika, jari matematika atau yang dikenal dengan jarimatika merupakan cara berhitung dengan menggunakan bantuan jari tangan. Cara berhitung ini ditemukan oleh ibu Septi Peni Wulandani beberapa waktu lalu untuk mempermudah penghitungan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Metode ini sangat membantu bagi siswa Sekolah Dasar atau TK yang sudah mulai belajar berhitung sederhana.

Metode belajar berhitung dengan jarimatika atau jari matematika sangat mudah diterima oleh anak-anak. Dengan cara belajar yang benar, mempelajari jarimatika sangat mengasyikkan, karena jarimatika tidak memberi beban memori otak dan “alat”nya (jari tangan) selalu tersedia. Hal ini membuat anak menjadi lebih nyaman dan asyik dalam belajar. Jarimatika merupakan cara sederhana dan mengasyikkan untuk mengajarkan cara berhitung kepada anak sesuai kaidah berikut :

  1. Pelajaran jarimatika dimulai dengan mengenal dan memahami lambang bilangan, operasi hitung dasar, dan konsep bilangan.
  2. Setelah semua dipahami, anak kemudian diajarkan dengan cara berhitung jari matematika
  3. Semua proses dilakukan dengan gembira dan menyenangkan

Prinsip-Prinsip dasar jarimatika

Ada beberapa prinsip dasar yang perlu kita kuasai sebelum memulai belajar atau mengajar jarimatika. 

Jempol tangan kanan = 5, sedangkan 4 jari tangan kanan lainnya dianggap sebagai satuan

Jempol tangan kiri = 50, sedangkan 4 jari tangan kiri lainnya dianggap sebagai puluhan

Untuk lebih jelas bisa melihat gambar di bawah ini

Mari kita coba untuk menggunakan metode ini dengan melakukan tes sederhana berikut. Silahkan Anda membetuk angka 8 dengan tangan kanan. Jika benar maka akan keluar jempol tangan kanan (=5) dan 3 jari tangan kanan lainnya yang mewakili angka 3 (=3)

Lalu bagaimana untuk membentuk angka puluhan? Mari kita gunakan tangan sebelah kiri. Untuk mempermudah, bisa melihat gambar berikut

Mari kita coba untuk menggunakan metode ini dengan melakukan tes sederhana berikut. Silahkan Anda membetuk angka 62 dengan tangan kiri. Jika benar maka akan keluar jempol tangan kiri (=50) dan 1 jari tangan kiri lainnya yang mewakili angka 10 (=10) dan 2 jari tangan kanan yang mewakili angka 2 (=2)

Penerapan Prinsip Jarimatika Untuk Penjumlahan

Jarimatika digunakan untuk membantu anak dalam menghitung sederhana. Cara ini sangat membantu anak yang kesulitan dalam menghitung angka di luar kepala (awangan). Mari kita buktikan menghitung 7 + 52 = ?

Untuk mendapatkan angka 7, silahkan keluarkan jempol tangan kanan (=5) dan 2 jari tangan kanan (=2). Jika sudah selesai maka silahkan buat angka 52 dengan mengeluarkan jempol kiri (=50) dan 2 jari lagi dari tangan kanan (=2). Jika benar maka akan terlihat tangan kiri jempol (=50), tangan kanan : jempol (=5), dan 4 jari lainnya (=4). Setelah itu dihitung totalnya maka akan muncul hasil angka 59 

Les Privat Jarimatika Kaffah College

Kaffah College menyediakan les privat jarimatika dengan sistem guru datang ke rumah siswa untuk wilayah Jogja, Bantul, Sleman, Klaten, Kartasura, dan Solo. Mereka yang ingin bergabung untuk belajar les jarimatika tidak dibatasi usia namun biasanya mereka yang ikut kursus jarimatika berumur 4-11 tahun atau siswa TK hingga siswa SD. Les jarimatika sebenarnya bisa dikombinasikan dengan les lain seperti les calistung untuk siswa TK/PAUD/SD, les privat SD untuk siswa SD, dan les Iqro untuk mereka yang ingin belajar berhitung sambil mengaji.

Baca Juga : Les Privat PAUD TK

Durasi belajar dalam les privat jarimatika untuk satu kali pertemuan adalah 90 menit atau satu setengah jam. Namun demikian, durasi belajar bisa fleksibel sesuai dengan kebutuhan siswa. Adapun jadwal belajar atau jumlah les privat dalam satu minggu menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Bisa memilih 2x pertemuan dalam satu minggu atau lebih. Hari dan jam belajar bisa disesuaikan berdasarkan kesepakatan dengan guru privat jarimatika. 

Jika Anda sudah memiliki keyakinan bahwa Kaffah College akan menjadi bagian dari pendamping belajar putra/i Anda maka segerelah hubungi kami. Anda bisa menghubungi kami pada nomor 085799192783 (wilayah Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Solo, Klaten, dan Sukoharjo). Untuk sementara, kami baru membuka layanan bimbingan belajar untuk daerah Kotamadya Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Klaten.

Anda Juga bisa melakukan pendaftaran On Line dengan mengklik Gambar Berikut untuk mendapat layanan Les Jarimatika (Jari Matematika) Jogja Privat

Anda Juga bisa melakukan pendaftaran On Line dengan mengklik Gambar Berikut

pendaftaran siswa On line

SILAHKAN ISI DATA SISWA PENDAFTARAN ON LINE