Les Privat SD Jogja Guru Datang Ke Rumah, Solusi atau Polusi?
November 22, 2018
Les Privat UN SD Kelas 6 Kaffah College
November 26, 2018

Les Privat Baca Al Qur’an dengan Iqro itu Sesuatu…

Les Privat Baca Al Qur’an dengan Iqro itu sesuatu yang mungkin sangat berbeda dengan les privat jogja yang biasa ditawarkan oleh Kaffah College. Setiap siswa memiliki kesan dan pengalaman yang berbeda karena meskipun sama belajar privat baca Al Qur’an, namun kesulitan maupun kemampuan setiap orang berbeda-beda. Hal ini ditambah usia peserta les privat baca Al Qur’an dengan metode Iqro bervariasi, dari usia anak-anak, remaja, dewasa, bahkan lansia ada. Belajar membaca Al Qur’an dengan Iqro memiliki banyak keistimewaan, salah satu diataranya adalah belajar membaca Al-Quran dengan metode Belajar Iqro ini adalah materi yang tersusun sistematis. Materi belajar di dalam Iqro disusun dengan materi yang sangat tertata, mulai dari materi yang paling mudah (pengenalan huruf hijaiyah dengan harokat fathah), kemudian huruf bersambung, dan seterusnya hingga praktek belajar membaca Al-Quran dengan menggunakan surat-surat yang mudah dari Al-Quran. Tak hanya itu, selama proses belajar mengaji iqro ini, tanpa disadari santri maupun siswa secara perlahan diperkenalkan tajwid atau cara membaca Al Qur’an sesuai kaidah yang benar. Dengan izin Allah, orang yang belajar iqro ini dapat membaca Al-Quran dengan benar, yaitu dengan tartil dan bertajwid.

Bila dicermati, Buku Iqro yang melegenda dan banyak digunakan untuk pembelajaran selama ini terdiri dari 6 jilid. Jilid 1 biasanya kita sebut dengan Iqro 1, jilid 2 dengan Iqro 2 dan seterusnya sehingga kita sering mendengar istilah iqro 1, iqro 2, iqro 3, iqro 4, iqro 5, iqro 6. Tiap jilid disusun berdasarkan dengan tingkat kemampuan siswa sehingga Iqro sangat pas digunakan untuk usia anak-anak hingga dewasa. Kelebihan lainnya, seorang belajar Iqro biasanya memiliki kemampuan yang tidak mudah lupa dalam membaca Al Qur’an karena pembelajaran Iqro membuat seseorang mau terus belajar hingga tahap akhir. Dalam Iqro dikenal istilah Ebta pada tiap jilidnya.

Iqro sebaiknya mulai diajarkan sejak anak usia dini. Untuk itulah, Kaffah College menyediakan pula layanan les privat mengaji untuk anak. Layanan ini sangat membantu ayah bunda yang terkadang tidak memiliki banyak waktu untuk mendampingi putra-putrinya belajar mengaji Al Qur’an. Dengan sistem guru privat datang ke rumah siswa, layanan les privat Iqro guru datang ke rumah siswa menjadi solusi tepat bagi para orang tua. Ayah bunda tidak perlu khawatir dengan tenaga maupun waktu untuk mengantar sang buah hati untuk belajar, sebab guru privat mengaji akan datang ke rumah siswa sesuai kesepakatan, In syaa Alloh

Kapan Les Privat Mengaji Al Qur’an boleh dilakukan?

Hampir semua berpendapat bahwa interaksi anak dengan al-qur’an harus dilakukan sejak usia dini. Bahkan didalam kandungan ibu pun sudah boleh diajarkan membaca Al Qur’an dengan cara diperdengarkan. Islam memberikan perhatian yang sangat besar tentang proses membaca sebagaimana wahyu pertama pun adalah iqra. Rasulullah Muhammad juga menaruh perhatian besar pada kegiatan membaca, bahkan para tawanan badar pun boleh bebas ketika mereka sudah berhasil mengajarkan beberapa sahabat agar terbebas dari buta huruf Al-Qur’an. Didalam hadist dan ayat al-qur’an, secara eksplisit perintah mengajarkan sholat dilakukan di usia 7 tahun, tetapi tidak ada yang secara eksplisit menyatakan kapan anak-anak seharusnya belajar membaca al-qur’an. Mengenalkan iqra pada anak dapat dimulai sejak anak pada usia lima sampai dengan enam tahun memang bukanlah sesuatu yang salah, namun mengenalkan sejak usia lebih dini lagi maka bisa mengahsilkan hal yang lebih positif.

Untuk mengajarkan Iqro, Anda bisa memilihkan guru privat yang pas untuk putra-putri Anda. Sebab seringkali anak sulit diajari oleh orang tua sendiri namun menurut dengan orang lain. Di sisi yang lain, pembelajaran Iqro di masjid atau TPA kurang bisa maksimal mengingat jumlah peserta yang banyak sementara tenaga pengajar terbatas. Lembaga bimbingan belajar Kaffah College, saat ini telah menyediakan guru privat atau ustadz/ustadzah yang akan membimbing siswa dengan ramah dan telaten. Dengan usia yang relatif muda dan menyukai dunia pendidikan serta telah melewati serangkaian tes, para guru privat Kaffah College in syaa Alloh siap membantu setiap siswa yang ingin belajar membaca Al Quran. Semoga, pengalaman Kaffah College yang telah membersamai banyak siswa atau santri belajar membaca AL Qur’an dengan metode Iqro, juga bisa menjadi wasilah bagi putra-putri yang lain untuk bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Bagi ayah bunda yang hendak bergabung bersama Kaffah College untuk memberikan les privat mengaji baca AL Qur’an atau les privat mengaji cukup menghubungi 0857 9919 2783 (Mas Adin) melalui telp/sms/WA dan kami yang akan datang ke rumah Anda untuk melakukan proses regristrasi dan observasi bagi putra/i Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot datang ke kantor kami. Anda Juga bisa melakukan pendaftaran On Line dengan mengklik Gambarpendaftaran siswa On line